Monday, January 14, 2019

Ruby Roman, Jadi Anggur Termahal di Dunia Seharga Ratusan Juta



Ruby Roman
Dalam sebuah lelang di Jepang, sejumlah anggur yang dianggap sebagai simbol status sosial ini dibeli dengan harga yang luar biasa. Dikutip dari laman The Guardian, anggur yang berjumlah sekitar 30 buah itu terjual dengan harga 1,1 juta Yen atau sekitar Rp 141 juta. Dikutip dari viva.co.id, sebutir anggur yang merupakan varietas Ruby Roman tersebut memiliki ukuran sebesar bola ping pong. Anggur jenis ini dibudidayakan di perfektur Ishikawa, Jepang.

Untuk memenuhi syarat menjadi Ruby Roman, anggur tersebut harus memiliki berat setidaknya 20 gram dan kandungan gula sedikitnya 18 persen. Menurut situs klub Ruby Roman yang dijalankan oleh perfektur Ishikawa, proses penanaman sudah dimulai sejak 1992 saat bibit varietas Fujiminori ditebarkan. Selama bertahun-tahun, anggur tersebut kemudian dibudidayakan menjadi varietas Ruby Roman yang merupakan nama pemberian masyarakat di tahun 2004. Anggur pertama dijual pada tahun 2008, dan harganya terus naik semenjak itu.

Dalam sebuah lelang di Jepang, sejumlah anggur yang dianggap sebagai simbol status sosial ini dibeli dengan harga yang luar biasa. Dikutip dari laman The Guardian, anggur yang berjumlah sekitar 30 buah itu terjual dengan harga 1,1 juta Yen atau sekitar Rp 141 juta. Dikutip dari viva.co.id, sebutir anggur yang merupakan varietas Ruby Roman tersebut memiliki ukuran sebesar bola ping pong. Anggur jenis ini dibudidayakan di perfektur Ishikawa, Jepang.

Bingung
Untuk memenuhi syarat menjadi Ruby Roman, anggur tersebut harus memiliki berat setidaknya 20 gram dan kandungan gula sedikitnya 18 persen. Menurut situs klub Ruby Roman yang dijalankan oleh perfektur Ishikawa, proses penanaman sudah dimulai sejak 1992 saat bibit varietas Fujiminori ditebarkan. Selama bertahun-tahun, anggur tersebut kemudian dibudidayakan menjadi varietas Ruby Roman yang merupakan nama pemberian masyarakat di tahun 2004. Anggur pertama dijual pada tahun 2008, dan harganya terus naik semenjak itu.


Berikut daftar buah-buahan lainnya yang termasuk jajaran buah termahal di dunia :

1. Melon Yubari King

Di Indonesia sendiri mendapatkan buah melon tidaklah susah. Selain karena harganya yang relatif murah, melon juga tak habis musim. Namun lain hal dengan melon di Jepang, harganya bisa saja mencapai Rp. 116 juta. Melon Yubari merupakan melon yang memiliki rasa yang sangat manis dibandingkan dengan buah melon pada umumnya. Harga normal dari sebuah yubari umumnya adalah mulai dari Rp 450 ribu hingga Rp 1 juta untuk setiap buahnya. Memang sangat mahal bila dibandingkan dengan harga melondi Indonesia.

2. semangka hitam

Kulitnya hitam, dagingnya krispi dan berwarna merah cerah, sungguh sangat menggoda. Itulah tampilan fisik semangka hitam Densuke dari Jepang. Meskipun secara fisik semangka ini tak berbeda dengan jenis semangka lainnya, namun soal rasa jangan ditanya. Rasanya yang super manis dan lezat, membuat semangka Densuke merajai semua semangka di Jepang dan mungkin di dunia. Harga satu semangka Densuke seberat 7,7 kg mencapai US$ 6.100 atau setara Rp 61 juta.

3. Stroberi Ratu Sinbikiya

Stroberi ini di tokya di hargai sebesarUS$ 83 atau 1,1 juta per lusin,harga yang pantas untuk stroberi elegan dan mewah asak tokyo ini,dengan warna merah merona yang sangat sempurna sangat menggoda kita untuk menyantapnya, Tetapi di Senbikiya anda bisa membeli stroberi ini dengan harga yang lebih murah yaitu US$ 50 perkotaknya,tetapi di senbikiya berat stroberinya lebih ringan.


sumber : http://feryseptiono.mywapblog.com/5-buah-termahal-di-dunia.xhtml

Sunday, January 13, 2019

Yang Harus Kamu Tahu, Cara Budidaya Ayam Petelur Untuk Pemula,



Ayam Petelur
Ayam petelur termasuk komoditas peternakan yang cukup banyak diminati oleh masyarakat. Selain harga telur yang cukup mahal, cara budidaya ayam petelur termasuk cara yang cukup mudah dan sederhana untuk dilakukan. Secara umum, ayam petelur adalah ayam yang tujuan pemeliharaannya adalah untuk menghasilkan telur. Jika dihitung rata-rata, seekor ayam petelur bisa menghasilkan 200 butir telur pertahunnya.
Berbeda dengan ayam pedaging yang tujuan pemeliharaan utamanya adalah untuk diambil dagingnya. Jika anda ingin mencoba untuk budidaya ayam petelur, ada beberapa cara yang perlu diperhatikan agar mendapatkan hasil yang diharapkan. Berikut beberapa cara membudidayakan ayam petelur yang harus anda perhatikan, yang dikutip dari ilmubudidaya.com


 1. Lokasi Kandang
Hal pertama yang akan dibahas terkait  ternak ayam petelur adalah tentang pemilihan lokasi untuk kandang ayam petelur. Untuk memilih lokasi kandang ayam, sebaiknya tidak di tengah-tengah perkampungan warga. Bagaimanapun, pada umumnya kandang ayam ternak menghasilkan bau yang cukup menyengat. Bau ini berasal dari kotoran ayam maupun dari ayam itu sendiri. Jika lokasi kandang berada dekat dengan perkampungan warga, siap-siap saja Anda menerima protes dari tetangga-tetangga Anda. Oleh karena itu, sebaiknya pilihlah lokasi kandang ayam yang agak jauh dari perkampungan.
Selain karena baunya yang menyengat, alasan lain mengapa harus memilih lokasi kandang yang jauh dari permukiman warga adalah karena karakteristik ayam petelur yang mudah sekali stress. Pada umumnya, ayam petelur sangat sensitif dengan suara keributan. Ayam petelur lebih mudah kaget dan stress. Ketika stress, produksi telurnya pun akan menurun. Oleh karena itu, sekali lagi ditekankan di sini bahwa Anda sebaiknya memilih lokasi kandang ayam yang jauh dari permukiman.
2. Penentuan Bibit
Setelah mendapatkan lokasi kandang ayam yang strategis, selanjutnya Anda akan beralih memikirkan bibit ayam petelur. Untuk mempermudah pemula dalam memilih bibit ayam petelur, ada dua jenis ayam petelur yang dibudidayakan oleh peternak ayam, yaitu ayam medium dan ayam lehorn. Ayam medium merupakan salah satu jenis ayam petelur yang memiliki warna bulu coklat, dengan tubuh yang sangat gemuk. Sementara ayam lehorn adalah ayam yang memiliki warna bulu putih dengan badan yang sedikit lebih kurus dibandingkan dengan ayam medium.
Mana yang lebih baik di antara ayam medium dengan ayam lehorn? Untuk daya tahan hidup ayamnya, ayam jenis medium lebih bandel dan mampu memproduksi telur ayam lebih banyak. Hal ini dikarenakan badannya yang lebih gemuk dibandingkan ayam horn. Ayam medium tidak mudah stres, sedangkan ayam lehorn sangat rentan stress akibat suara keributan. Sementara jika dilihat dari kualitas telurnya, ayam lehorn memiliki telur yang lebih berkualitas.

Apa pun jenis ayam yang Anda pilih untuk ternak ayam petelur, pastikan Anda memilih bibit ayam petelur yang sehat dan tidak ada cacat fisik apa pun. Lalu, jika Anda memilih memelihara bibit ayam petelur dari kecil, pastikan perkembangan dan pertumbuhan ayam normal. Rawat bibit-bibit ayam petelur ini agar tidak mudah terserang penyakit. Pada awalnya, ternak ayam petelur memang tidak mudah. Anda harus telaten mengurus puluhan ayam yang Anda miliki sampai keseluruhan menghasilkan telur. Anda harus memastikan makanan yang dikonsumsi ayam memiliki gizi yang baik supaya ayam bisa tetap sehat dan menghasilkan banyak telur.

3. Manajemen  Pemeliharaan
Setelah usaha ternak ayam petelur sudah mulai berkembang, selanjutnya Anda perlu melakukan usaha perawatan ayam. Kebersihan kandang menjadi faktor utama dalam bisnis ternak ayam. Kandang yang bersih akan membuat telur dapat berkembang biak dengan baik. Bagaimana mungkin ayam bisa bertelur dengan tenang saat kandangnya saja berantakan dan kotor? Untuk itu, selalu bersihkan kandang ayam tiap pagi atau sore hari.
Kebersihan kandang juga sangat mempengaruhi kesehatan ayam. Kandang yang lebih kotor akan berpotensi mendatangkan banyak penyakit. Untuk memastikan kebersihan kandang, Anda tidak hanya perlu membersihkan kotoran ayamnya saja. Pastikan juga wadah pakan dalam keadaan bersih. Dengan begitu, ayam-ayam akan berkembang dengan baik tanpa masalah.

4. Pemberian Pakan
Selain kebersihan kandang, usaha merawat ayam petelur juga dilakukan dengan selalu memberikan pakan yang baik. Untuk dapat menghasilkan telur yang berkualitas dalam jumlah yang banyak, ayam petelur membutuhkan pakan yang baik. Pilihan pakan untuk ternak ayam petelur di antaranya adalah sentrat, jagung yang sudah digiling, atau tepung ikan. Variasi pakan perlu dilakukan agar nutrisi yang dibuthukan ayam petelur bisa terpenuhi semuanya.
Untuk pemberian pakannya, setiap harinya ayam petelur harus diberikan makanan dengan intensitas tiga kali sehari. Selain pakan, jangan lupa untuk memberikan minum juga. Untuk masalah pakan ini, orang yang memutuskan ternak ayam petelur juga harus mengetahui porsi makan ayam yang pas. Pakan yang diberikan tidak boleh kurang atau berlebihan. Kunjungi juga Channel youtube kami klik disini selamat mencoba...!

Monday, January 7, 2019

Solusi Terbaik untuk Mengatasi Ayam Bloiler yang Slowgrowth/kerdil

Central Brooding
Apa yang akan kita lakukan jika ayam bloiler yang anda pelihara saat ini mengalami pertumbuhan yang lambat ?

Ayam kerdil atau biasa dikenal sebagai Sindroma kekerdilan cukup banyak di keluhkan dan membuat resah para kalangan peternak akibat ketidak seragaman ukuran ayam yang di peliharanya. Menurut kami pada saat doc tiba kondisinya terlihat seragam, tetapi setelah ayam mulai menginjak usia di atas 14 hari, baru terlihat adanya ayam yang terlambat pertumbuhannya.


Kebanyakan para peternak beropini bahwa penyebab yang menyebabkan ayamnya tidak seragam seperti karena doc, multistrain dalam satu kandang, kurang peralatan makan dan minum, kepadatan ayam dalam kandang dan penyakit coccidiosis, kami sudah dapat mengatasinya di lapangan. Tetapi untuk sindroma kekerdilan atau runting and stunting syndrome, para peternak masih meraba-raba penyebabnya, karena kejadian di lapangan kadang ada dan kadang tidak ada atau hilang dengan sendirinya. 

Syndrom kekerdilan di definisikan sebagai : Sekelompok ayam (umumnya terjadi 5-40% populasi ) yang mengalami laju pertumbuhan yang kurang pada kisaran usia 4-14 hari. Dimana setelah pada awalnya pertumbuhan tertekan, kemudian kembali normal, tetapi tetap lebih kecil dari yang normal.

Penyebab Sindroma KekerdilanAda beberapa faktor yang menjadi penyebabnya yaitu : Penyebab berasal dari penyebab berasal dari penetasan atau hatchery, penyebab berasal dari manajemen produksi, penyebab berasal dari pakan atau nutrisi, dan Penyebab berasal dari Lingkungan.

1. Penyebab berasal dari Pembibitan.

Beberapa hal yang berasal dari Pembibitan yang dapat menyebabkan doc yang dihasilkan mengalami sindroma kekerdilan antara lain :

Telur tetas kecil (telur tetas yang berasal dari usia induk yang masih terlalu muda Maternal antibodi Reo-virus yang diturunkanrendah, padahal DOC perlu Maternal Antibodi yang tinggi Akan lebih parah apabila induknya positif Salmonella enteritidis Walaupun demikian kekerdilan bukan merupakan penyakit yang diturunkan

2. Penyebab berasal dari Penetasan / Hatchery.

Beberapa hal yang berasal dari Penetasan / Hatchery yang dapat menyebabkan doc yang dihasilkan mengalami sindroma kekerdilan antara lain :
  • Waktu penyimpanan telur tetas yang terlalu lama
  • Tidak dilakukannya grading telur tetas yang akan dimasukkan ke mesin tetas
  • Bercampurnya telur tetas yang berasal dari usia induk yang sangat jauh berbeda
  • Terlalu lama proses penanganan di ruang seleksi sehingga doc mengalami stress
  • Kurang representatifnya alat angkut doc (chick van) dari Hatchery ke Peternak / kandang pemeliharaan.


3. Penyebab berasal dari Manajemen

ProduksiManajemen Produksi juga dapat menjadi penyebab terjadinya sindroma kekerdilan seperti : Biosecurity yang buruk Farm terdiri dari beberapa usia (multi ages) Kurang baiknya kualitas doc yang dipelihara Penanganan doc yang kurang baik terutama waktu periode brooding Cara pemberian, kualitas dan kuantitas pakan yang diberikan tidak benar.

INGAT . . .!!
APAPUN YANG KITA LAKUKAN DIKANDANGPATOKANNYA ADALAHPRILAKU AYAM BUKAN HARI, UMUR ATAU KEBIASAAN

4. Penyebab berasal dari Pakan / Nutrisi

Kandungan yang terdapat pada pakan jika kurang atau berlebihan kadang menimbulkan pertumbuhan yang kurang baik bagi ayam yang dipelihara misalnya :

  • Gejala sering seperti ayam yang terserang mycotoxicosis, khususnya Aflatoxicosis.
  • Penggunaan Bungkil Kacang Kedelai yang berkualitas rendah.
  • Penggunaan Canola Meal dan Protein Hewani lebih daripada 8%.
  • Tidak ada atau rendahnya kandungan Natrium (khusus di wilayah Asia).
  • Penggunaan vitamin yang kurang, khususnyapada pakan Breeder.


5. Penyebab berasal dari Lingkungan.

Menempatkan ayam pada kondisi lingkungan yang kurang kondusif akan juga mengakibatkan ayam terkena sindroma kekerdilan, seperti :

  • Lingkungan kandang yang bersuhu dan kelembaban terlalu tinggi.
  • Lingkungan kandang yang terlalu padat populasi ayamnya dan terdiri dari berbagai usia.
  • Lingkungan kandang merupakan daerah endemik penyakit yang bersifat imunosupresif.

Gejala fisik penyakit kerdil ayam antara lain adalah sebagai berikut ;

  1. Berat badan anak ayam jauh lebih rendah dibandingkan anak ayam yang normal / sehat
  2. Tungkai bulu sayap primer patah.
  3. Bulu-bulunya seperti baling-baling
  4. Bertahannya warna kuning pada bulu dibagianbawah kepala sampai umur30 hari.
  5. Penurunan kepadatan tulang kerangka
  6. Pada kasus yang ekstrim ayam yang sakit mengalami patah tulang paha sehingga ayam malas berjalan
  7. Kotoran berwarna kuning, lembek serta menunjukkan adanya partikel biji-bijian yang tidak dicerna
  8. Pertumbuhan bulu abnormal
  9. Terjadi peradangan pada proventikulus dan usus, pengecilan organ pankreas, thymus dan bursa fabricus.


Beberapa upaya berikut ini bisa dilakukan untuk meminimalisir penularan penyakit kerdil ayam ;

  1. Anak ayam yang menunjukkan gejala terinfeksi penyakit kerdil segera dikeluarkan dari kandang dan ditempatkan pada kandang terpisah. Dengan pemisahan ayam-ayam yang sakit diharapkan dapat mengurangi penularan virus secara horisontal (penularan antara anak ayam). Namun demikian tindakan pengafkiran atau pemusnahan terhadap ayam kerdil dipandang lebih ekonomis dan efektif.
  2. Peningkatan sanitasi, pemberian desinfektan yang mengandung Lysol 2% atau formalin 3% dan memperhatikan kepadatan kandang diharapkan dapat mengurangi jumlah ayam yang sakit.
  3. Peternakan melalukan sistem all-in,all-out. Pada saat peternak memasukkan DOC, untuk persiapan kedatangan DOC, persiapan brooding harus sudah siap meliputi chick guard, pemanas, tirai dalam, tirai luar, tempat pakan, tempat minum. Bila kandang panggung maka seluruh lantai harus ditutup. Chick guard berdiameter 3 m untuk 750 ekor. Pemanas dinyalakan 2 jam sebelum DOC datang.
  4. Perhatikan suhu brooding setiap saat terutama pada dini hari saat suhu terdingin yaitu sekitar jam 2 malam/pagi, dan pada siang hari saat suhu terpanas yaitu antara jam 11-14. Bila kontrol suhu dapat dilakukan dengan baik maka anak ayam akan merasa nyaman. Tidak terlalu panas atau dingin sehingga dapat makan dan minum dengan baik.
  5. Untuk mengatasi permasalahan kekerdilan pada ayam dengan kondisi lingkungan sangat dingin, pemanas harus kuat. Pada dua minggu pertama suhu brooding paling rendah 29 derajatCelsius, paling tinggi 35 derajat Celsius. Sedangkan pada minggu keempat, kelima sebesar 33 derajat Celsius.

Ada tips jitu lain yang bisa peternak lakukan jika kekerdilan pada ayam broiler sudah terjadi, yaitu:

  1. Memisahkan ayam broiler yang mengalami kekerdilan dengan ayam broiler yang normal. Pemisahkan ini bertujuan supaya ayam broiler yang kerdil tidak harus bersaing dengan ayam yang lain yang lebih besar untuk mendapatkan pakan dan minum, sehingga asupan nutrisi mereka terpenuhi. Pemisahan yang dilakukan juga untukmenghindari penularan penyakit jika ternyataayam broilermemiliki penyakit kekerdilan yang menular.
  2. Jika sudah dipisahkan namun ayam broiler tidak mengalami perubahan maka peternak bisa memberikannya kepada anak kecil untuk hewan peliharaan mereka. Ingat,ayam broileryang kerdil membutuhkan perawatan, pengobatan dan pakan yang lebih banyak untuk membuatnya sama dengan yang lain. 

INGAT . . .!!
APAPUN YANG KITA LAKUKAN DIKANDANGPATOKANNYA ADALAHPRILAKU AYAM BUKAN HARI, UMUR ATAU KEBIASAAN

Thursday, January 3, 2019

Guru & Murid Tertawa Karena Beda Pendapat Tentang Rezeki

IMAM MALIK DAN IMAM SYAFI’

Guru & Murid Tertawa Karena Beda Pendapat Tentang Rezeki
.


#Imam_Malik ( guru Imam Syafii ) dalam majlis menyampaikan :

Sesungguhnya rezeki itu datang tanpa sebab, cukup dengan tawakkal yang benar kepada Allah niscaya Allah akan meberikan Rezeki. Lakukan yang menjadi bagianmu, selanjutnya biarkan Allah mengurus lainnya.
.
Sementara #Imam_Syafii ( sang murid berpendapat lain) :

Seandainya seekor burung tidak keluar dari sangkarnya, bagaimana mungkin ia akan mendapatkan rezeki.

Guru dan murid bersikukuh pada pada pendapatnya.
.
Suatu saat tengah meninggalkan pondok, Imam Syafii melihat serombongan orang tengah memanen anggur. Diapun membantu mereka. Setelah pekerjaan selesai, Imam Syafii memperoleh imbalan beberapa ikat anggur sebagai balas jasa.

Imam Syafii girang, bukan karena mendapatkan anggur, tetapi pemberian itu telah menguatkan pendapatnya. Jika burung tak terbang dari sangkar, bagaimana ia akan mendapat rezeki. Seandainya dia tak membantu memanen, niscaya tidak akan mendapatkan anggur.
.
Bergegas dia menjumpai Imam Malik sang guru. Sambil menaruh seluruh anggur yang didapatnya, dia bercerita. . Imam Syafii sedikit mengeraskan bagian kalimat  “seandainya saya tidak keluar pondok dan melakukan sesuatu (membantu memanen), tentu saja anggur itu tidak akan pernah sampai di tangan saya.”
.
Mendengar itu Imam Malik tersenyum, seraya mengambil anggur dan mencicipinya. Imam Malik berucap pelan.
“Sehari ini aku memang tidak keluar pondok...hanya mengambil tugas sebagai guru, dan sedikit berpikir alangkah nikmatnya kalau dalam hari yang panas ini aku bisa menikmati anggur. ......Tiba-tiba engkau datang sambil membawakan beberapa ikat anggur untukku. Bukankah ini juga bagian dari rezeki yang datang tanpa sebab. Cukup dengan tawakkal yang benar kepada Allah niscaya Allah akan berikan Rezeki. Lakukan yang menjadi bagianmu, selanjutnya biarkan Allah yang mengurus lainnya.”
.
#Guru dan #murid itu kemudian tertawa.
Dua Imam madzab mengambil dua hukum yang berbeda dari hadits yang sama.

Begitulah cara Ulama bila melihat perbedaan, bukan dengan cara menyalahkan orang lain dan hanya membenarkan pendapatnya saja..

Semoga dapat menjadi pelajaran buat kita semua..

Ruby Roman, Jadi Anggur Termahal di Dunia Seharga Ratusan Juta

 Ruby Roman Dalam sebuah lelang di Jepang, sejumlah anggur yang dianggap sebagai simbol status sosial ini dibeli dengan harga ya...